Pages

Kamis, 29 November 2012

GAGAL yang dari sisi lain


#Rasanya aku gagal...ah benarkah aku segagal itu..*bicara sama sendal"
"gubaak...adduuh" meringis
"eh..maaf kak..gag sengaja" merasa bersalah
"ok.." nyegir berlari menuju lantai dua, *padahal jelas-jelas yang salah aku, senior kali ya :D
yaah...masih beginilah jungkir balik dunia kuliahku, berlari lari sepanjang lobi kampus demi mencapai ruang 15 lantai dua, padahal di aula kampus teman teman yang lain sedang duduk manis  bersiap menyandang gelar SARJANA HUKUM, termasuk 3 orang teman dekatku, tersenyum bangga telah berhasil menyelesaikan amanah orang tua, tersenyum bahagia bersiap merancang kehidupan yang lain, dunia kerja, dunia kuliah yang lebih tinggi lagi, dunia keluarga alias menikah, dunia ghaib *lohh...hahhahahah
saat teman teman mulai sibuk dengan proposal, skripsi, tanda tangan ini, tanda tangan itu, pengesahan ini, pengesahan itu. aku justru masih sibuk...mikir tugas ICL ku yang harus segara di kumpul, masih sibuk mikir assignment, masih sibuk mikir judul buat research paper,masih mikir presentasi Treaty nanti..yang lebih tragis..saat teman-teman  sedang kasak kusuk merapikan kebaya, make up..aku justru sedang sibuk narik narik sweater yang masuk ke rantai motor dan terpaksa harus di buang ke tong sampah gara-gara setengah lengannya udah aku potong *wkwkw ah aku terlalu mendramatisir rasanya..
disini, di kamarku meski tak luas, tak mewah, dan tak tak tak  yang lain..tapi cukup memberi ku ruang untuk sejenak mengenang perjalanan kuliah ku, bertanya ke diri benarkah aku gagal..hanya gara gara hingga semester 9 tak juga wisuda, benarkah aku segagal itu.. ya mungkin aku gagal.. gagal karna tak bisa memberikan satu kursi cumlaude buat keluarga ku, gagal karna semester depan masih harus bayar SPP :)) tapi aku bangga.. hah bangga apa kau ir?? #bangga jadi senior paling tua di kampus, qiqiiqiqi
disini, di antara gesekan batang batang bambu di depan kamar, aku berhak bangga atas diriku, yaah...bangga karna ternyata jalan kuliah ku berbeda dengan teman teman yang lain, berbeda karna sungguh aku tidak melewati jalan kebanyakan mahasiswa, setidaknya itu buatku terserah buat yang lain..toh yang ngejalanin aku..suka suka aku dong menilainya gmn..nonsense pikiran orang *loh
tepat semester 3 kuliah ku jadi berbeda, kalau jam 2 siang sudah selesai kuliah aku terpaksa menunggu hingga jam 6 sore karna di lanjutkan dengan kelas intensive bahasa inggris...saat yang lain mungkin tengah beristirahat tidur siang aku justru tengah takzim mendengarkan Miss Yuliana atau Pak Mas atau bahkan Sarah bisa juga Andrew  mengajar kelas IELTS, masygul mengerjakan soal soal yang membuat kepala berdenyut denyut lebih kencang dari biasanya. saat liburan semester yang lain sibuk packing barang pulang kampung, atau liburan kemanalah, having fun dan istirahat dari rutinitas belajar.. aku sibuk packing siap siap melanjutkan perjalanan ke Medan untuk belajar lagi padahal baru saja menyelesaikan ujian final. saat yang lain tengah menikmati liburan aku sibuk mendengar Mike Bird nyerocos soal Task 1 and task 2 in speaking test atau writing, frustate nyusun academic writing, puyeng ngeliatin pie chart trus merangkai kalimat 150 kata sesuai dengan aturan. mules..nyimakin tape recorder nyelesain listening test padahal yang   dengar cuma WHAT DOES THE MAN IMPLIED :D hampir di akhir akhir,  lelah itu bertambah lagi karna nambah jdwal belajar IELTS sampe malam hari, ketemu lagi sama bule bule menakjubkan Daniel ,Brandan, ETC... hingga masa Intensive berakhir, dan dengan band Score yang rata rata  kelas  Jurusan INTERNATIONAL LAW pun di mulai, modulnya full english, jangan tanya tugas dan final exam must in english.. everything MUST IN ENGLISH. belum lagi modul-modul yang tebal kayak bolu lapis 7. mending bisa di makan :D jangan tanya kualitas bahasa Inggrisku 100 % benar. benar-benar kacau masih untuk menyelesaikan skripsi dalam bahasa inggris *huuuft
kelelahan itu menghadirkan cerita cerita unik tersendiri bersama teman teman ICP (International Class Programe)  lainnya... hal yang begitu bisa membuat diriku berbesar hati..bahwa jalan yang ku tempuh selama ini berbeda dengan teman teman di luar ICP, suka lucu kalau mengenang perjalanan intensive apalagi pas di episode  bus mogok hingga harus  ganti dengan mini bus, desak-desakan dengan teman-tean ICP lainnya kayak Ikan asin padahal untuk mencapai kota Medan masih butuh 3 jam lagi..sampai di Medan jangan tanya apa rasanya himpit-himpitan selama 3 jam. :))
aku berhak berbangga meski akan ada yang bilang gag ada bagus bagusnya..mereka tak salah sungguh tak salah...aku aku, kamu kamu, dia dia tentu berbeda jalan pikiran. tapi...
Sesal tak bisa menyelesaikan kuliah secepatnya tentu ada, menyesakkan memang melihat teman teman sudah menyandang gelar SH sementara diri masih berjibaku dengan dunia mahasiswa jelas sekali rasanya..tapi apa mau di kata..pilihan sudah di tentukan, waktu sudah bergulir, apa bisa yang begitu disebut gagal???? tergantung dari sudut mana aku melihat gagal itu..teriak teriak bilang tidak terima?? nangis guling guling menyesalinya? toh semua sudah menjadi pilihanku tertinggal 3 tahun yang lalu, tinggal sekarang memoles semua itu untuk terus menyemangati diri melakukan yang lebih baik lagi, menghasilkan yang lebih baik, tak peduli apapun itu, aku suka menyemagati diri "Bukan Seberapa cepat kau menyelesaiakn kuliahmu ir, tapi seberapa bermanfaatnya ilmu mu nanti, boleh jadi sekarang kau tertinggal dari teman teman mu,tapi boleh jadi besok besok  justru kau yang di kenang dunia" *hahahhaha pengikut aliran NARSISM
tapi di balik itu semua...di antara perjalanan panjang ini, di antara Banggaku ,boleh jadi aku memang GAGAL..sungguh GAGAL
GAGAL memperbaiki kualitas diri dari hari ke hari, GAGAL membuang KEPENGECUTAN ku...GAGAL menjadi Teladan yang baik buat junior junior ku di kampus, GAGAL menjadi  Junior yang SANTUN buat senior-senior ku, GAGAL menjadi mahasiswa yang membanggakan buat UNSYIAH,  GAGAL menjadi KADER yang memberi banyak kontribusi buat LDK AL AHKAM, GAGAL menanggalkan KEMUNAFIKAN KU, GAGAL melenyapkan PENYAKIT HATI (IRI, DENGKI, TAMAK, SOMBONG, ANGKUH) GAGAL sungguh akU GAGAL dalam banyak hal..tapi satu hal jangan sampai terjadi GAGAL  MENJADI HAMBA ALLAH meski usaha itu terus,,,meski jatuh bangun...menggapainya..semoga RABB senantisa menegurku tak peduli seperti apa bentuk teguran itu.
Naah...penutup tulisan antah berantah ini simaklah kata kata dari bang TERE LIYE 
Tidak usah terlalu bersedih kalau hari-hari ini, kita merasa hidup ini sesak, menyebalkan, sendirian, putus asa, frustasi, dan sejenisnya, dan sebagainya. Tidak usah terlalu dipikirkan, kalau semua terasa sulit, menjengkelkan dan seolah tdk ada solusinya.
Well, di postingan ini, saya tidak akan menghibur dengan menyenangkan hati atau sok membesarkan hati kita agar bersabar, karena toh, sy juga kadang jengkel jika orang selalu menasehati dari sisi itu. Saya akan menggunakan sisi lainnya, hanya ingin bilang: "terkadang hanya orang2 yg pernah nyaris mati karena haus-lah, yang bisa merasakan betapa nikmatnya segelas air bening. Boleh jadi hanya para pendosa besarlah yg bisa merasakan pertobatan yang sempurna. Mungkin pula hanya orang2 yg pernah putus asa, merasa hidupnya sia-sia, dan hingga berharap matilah yang bisa menghargai hidup ini sungguh2."
Pikirkan, renungkan. Kalimat yg menarik, bukan?
Nah, jadi tidak usah terlalu sedih. Jika hari ini merasa paling sendirian sedunia, itu berarti besok lusa kalian akan menghargai jika memiliki teman atau seseorang yang disayangi. Jika hari ini merasa paling susah sedunia, termiskin di dunia, itu berari besok lusa kalian akan lebih menghargai jika ada orang susah yang minta tolong.
Dunia ini penuh misteri, entahlah, sy tidak tahu akan seperti apa kita menyikapi begitu banyak titik 'ekstrem' kehidupan yg dirasakan. Beberapa tumbuh menjadi lebih baik, beberapa menjadi lebih jahat. Semoga kita, masuk dalam golongan yg tumbuh menjadi baik dari situasi buruk.
Dan sebagai penutup, saya beritahu rahasia kecil lainnya: hanya perasaan sayang yg sebenar2nyalah yang bisa menghasilkan kebencian tak terhingga.


   ^__________________________________^

#PROUDLY to say to ALL of IC members, bangga menjadi bagian dari keluarga besar ICP, bangga bisa mengahabiskan hari melelahkan penuh ilmu bersama kalian

#Congrutolation BUAT EMA, FIA dan Rosi  yang tadi pagi resmi menyandang gelar SH semoga Ilmunya Berkah, nice to see YOUR HAPPINES

0 komentar:

Posting Komentar